Minggu, 02 Februari 2014

Manfaat dan Khasiat Yang Terdapat Pada Lengkuas

buah lengkuasLengkuas adalah salah satu tanaman yang mempunya banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Lengkuas sangat sering digunakan sebagai bumbu dapur karena untuk melezatkan makanan terutama untuk membuat sup dan membuat ayam goreng bumbu. lengkuas sendiri sangat bagus untuk anak-anak yang tidak suka makan karena lengkuas mampu membuat anak menjadi nafsu makan, seperti ada di iklan yang menjual produk lengkuas untuk anak - anak yang kurang nafsu makan. Bagi orangtua lengkuas sering digunakan untuk membuat olahan sup ataupun minuman, karena mampu membuat suhu badan menjadi hangat. Lengkuas sangat bagus juga untuk mereka yang ingin mendaki gunung atau ketempat daerah yang dingin cukup membuat air lengkuas anda bisa merasakan hangatnya aroma lengkuas tersebut.

Bagian tanaman yang sangat bermanfaat bagi kita adalah rimpangnya, bukan dari batang lengkuas, karena pada rimpang ini mempunya senyawa yang sehat bagi kita seperti minyak atsiri, metil-sinamat, eugenol, sineol, seskuiterpen, kamfer, galangol, metil-cinnamae, galangin, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, amilum dan masih banyak yang lainnya. Untuk bagian batang ataupun bunga dari lengkuas bisa juga digunakan sebagai masakan untuk membuat olahan sayur mayur, agar membuat sayur mempunyai rasa yang sedap dan enak jika dimakan. Hal yang terpenting dalam mengolah lengkuas adalah membersihkan tanah dan kulit luar lengkuas agar bisa mendapatkan hasil air lengkuas yang bersih dan siap untuk di minum.

Manfaat dan Khasiat lengkuas bagi kesehatan, sebagai berikut :
  1. Lengkuas dapat menyembuhkan penyakit rematik dan juga sakit lamfia.
  2. Penambah nafsu makan untuk mereka yang tidak selera makan, seperti anak kecil dan orang yang sedang terkana sakit.
  3. Lengkuas dapat mencegah penyakit tumor.
  4. Lengkuas dapat menetralkan atau meredakan sakit perut.
  5. Dapat mencegah diare jika sakit perut.
  6. Melancarkan peredaran darah dan menangkal radikal bebas dari dalam.
  7. Lengkuas mampu mengobati penyakit Rheumatoid arthritis.
Bagaimana cukup banyak bukan manfaat yang anda dapat jika mengolah lengkuas menjadi olahan yang dapat dinikmati? Semoga dengan adanya informasi Manfaat dan Khasiat Yang Terdapat Pada Lengkuas ini bisa membuat anda tertarik ingin mencobanya, Sekian dan terima kasih.

Manfaat dan Khasiat Yang Terdapat Pada Lengkuas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bernando Munthe

0 komentar:

Posting Komentar

Berikanlah komentar anda terhadap artikel diatas dengan syarat dan ketentuan :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
3. Tidak mengandung unsur SARA
4. Tidak meninggalkan link hidup

Terima kasih sudah membaca artikelnya dari awal hingga sampai kebawah dan atas komentar anda.