Jumat, 08 Agustus 2014

Cara Membudidayakan Tanaman Naga di Dalam Pot atau Polybag

Naga merupakan buah yang paling banyak digemari orang, karena itu banyak masyarakat atau petani buah yang mencoba untuk membudidayakan tanaman buah yang satu ini. Dengan tujuan untuk merasakan buah yang dihasilkan dari tanaman yang satu ini. Tanaman yang dapat menghasilkan buah naga termasuk dalam jenis tanaman kaktus, percaya atau tidak terserah anda. Selain itu buah ini juga mempunyai ciri - ciri yang sangat unik, pada buah naga terdapat beberapa daun kecil seperti duri yang terkadang berwarna hijau atau merah.

Manfaat Buah Naga

Karena rasa yang terdapat dalam buah naga sangat enak, membuat banyak masyarakat mulai mencoba membudidayakannya. Tapi, untuk membudidayakan tanaman ini tidaklah semudah yang anda lihat, tetap saja kita harus teliti dalam merawatnya. Banyak hal yang perlu kita perhatikan, seperti tanah, pupuk, bibit dan lain - lain. Tetapi untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam membudidayakan tanaman ini, kali ini saya akan berikan beberapa tipsnya, berikut tips untuk merawat tanaman naga.

Cara Membudidayakan Tanaman Naga di Dalam Pot atau Polybag

Pemilihan Pot atau Polybag
Langkah pertama untuk membudidayakan tanaman naga adalah dengan memilih tempat yang cocok untuk menanam tanaman buah naga di dalam pot atau polybag. Pilihlah tempat ( Pot atau Polybag ) yang berukuran paling besar, agar tanaman ini dapat berleluasa dalam menyerap air hingga kedalam tanah. Minimal diameter pot atau polybagnya berukuran 30-40 cm.

Pemilihan Tanah
Selain memerlukan tempat yang besar, tentunya perlu juga untuk memilih tanah yang berstruktur bagus. Tanah yang bagus adalah tanah yang berwarna hitam kecoklatan seperti gambar tempat dan tanah yang ada diatas. Ciri - ciri tanah yang berstruktur bagus adalah tanah yang gembur, hitam dan tidak keras.

Pemilihan Bibit Tanaman
Setelah tanah telah telah terpilih, selanjutnya kita untuk memilih bibit yang bagus, ciri - ciri bibit yang bagus adalah bibit yang berwarna hijau cerah tanpa ada sedikit pun busuk dibatangnya. Dan tegak, segar serta batangnya gemuk.

Benda Pengindah Tanaman
Perlu juga untuk kita menyiapkan beberapa benda pengindah tanaman sebagai pendukung kecantikan atau kesebuaran tanaman kita. Beberapa contoh bendanya adalah 30 buah batu krikil berukuran sedang, pasir sungai dan tiang kayu kecil.

Membuat Tiang Kayu Sebagai Tempat Pemanjatan Tanaman Kaktus
Sebagai tanaman yang suka memanjat, perlunya untuk kita memberikan sebuah tiang kayu kecil agar tanaman naga kita ini dapat berkembang dan tumbuh lebih tinggi. Tiang kayu yang akan kita berikan berukuran 1 meter keatas.

Cara Pemupukan yang Baik
Ada banyak hal yang harus kita perhatikan dalam membudidayakan tanaman naga, salah satunya adalah dengan memperhatikan pupuk tanaman. Pupuk yang sangat bagus untuk tanamanan naga adalah pupuk kandang.

Pembuatan Lubang Penanaman
Setelah pada pot atau polybag telah terisi dengan tanah, waktunya kita untuk menggali lubang untuk menanam bibit tanaman ini. Caranya adalah gali tanah dalam pot hingga mencapai 20 cm, masukkan bibitnya lalu tutup kembali dengan tanah dan pupuk.

Demikianlah info yang dapat saya berikan kepada anda, semoga sedikit info ini dapat bermanfaat bagi anda.Baca juga Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Cara Membudidayakan Tanaman Naga di Dalam Pot atau Polybag Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sandy Brima

0 komentar:

Posting Komentar

Berikanlah komentar anda terhadap artikel diatas dengan syarat dan ketentuan :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
3. Tidak mengandung unsur SARA
4. Tidak meninggalkan link hidup

Terima kasih sudah membaca artikelnya dari awal hingga sampai kebawah dan atas komentar anda.